Apa Makna Sumpah Pemuda Bagimu?
Dok. Cozer

Lucia Yuriko

02 November 2017


APA MAKNA SUMPAH PEMUDA BAGIMU?


Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober perlu dimaknai oleh pemuda masa kini. Pasalnya, seiring dengan perkembangan zaman, esensi sebenarnya mulai dilupakan. Kecintaan pemuda terhadap bangsanya perlu dibangun dan bisa dimulai dengan cara-cara sederhana. Contohnya sebagai mahasiswa, kita harus tekun belajar agar mengharumkan nama bangsa, mencintai produk dalam negeri, tidak menimbulkan konflik, dan masih banyak lagi. Lantas apa, sih, makna sumpah pemuda bagi mahasiswa UPNVY?

Charlina Dhevi – Agroteknologi 2016

Semangat persatuan para pemuda dulu harus diikuti pemuda masa kini. Yaitu, mengisi kemerdekaan dengan hal positif yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Dyah Ayu Dina – Akuntansi 2015

Menurut aku, sumpah pemuda itu janji pemuda akan adanya tanah air Indonesia. Caraku memaknainya dengan mencintai apa yang Indonesia punya, menjaganya dengan ideologi kita Pancasila, dan tentunya toleransi atas Bhinneka tunggal Ika.

Refy Lubis – Manajemen 2017

Sumpah pemuda menurutku adalah suatu bentuk pergerakan nasional pertama pemuda Indonesia yang sangat berpengaruh dan berarti untuk negara ini karena mereka menyatukan semua pemuda untuk menjadi bagian dari Indonesia.

Nicco Tampubolon – Hubungan Internasional 2016

Walau Sumpah Pemuda cuma tulisan tapi itu digagas dari jaman Proklamasi mengenai bagaimana mencintai negara sendiri. Mereka yakin dengan melakukan sumpah itu, pemuda-pemuda selanjutnya bakal menjadikan itu pedoman. Cara memaknainya kembali lagi dengan melihat bagaimana susahnya perjuangan pemuda zaman proklamasi untuk meraih pengakuan, dan pemuda jangan menyia-nyiakan itu. Mari kita bawa nama baik Indonesia

Itu tadi pendapat beberapa mahasiswa mengenai Sumpah Pemuda. Menurutmu gimana? (Lucia Yuriko)


comments
no comment

LAINNYA