Liburan ke Luar Negeri sambil Volunteer ala AIESEC UPNVY
Dok. Cozer

Lucia Yuriko

11 January 2018


LIBURAN KE LUAR NEGERI SAMBIL VOLUNTEER ALA AIESEC UPNVY


Libur panjang tentu harus dimanfaatkan secara maksimal. Otak yang penat selepas masa ujian harus diberi penyegaran agar semakin siap di semester depan. Selain liburan bersama teman dan keluarga, liburan ke luar negeri kerap jadi pilihan mahasiswa. Namun tentunya kita ingin liburan kita lebih bermanfaat kan? Volunteer atau menjadi relawan bisa jadi jawaban yang pas buat kalian. Beruntung bagi mahasiswa UPNVY yang mempunyai AIESEC sebagai salah satu UKM di kampus.

AIESEC merupakan organisasi kepemudaan dan kepemimpinan yang berskala internasional. Organisasi bentukan PBB ini berada di 128 negara dengan 26 local comittee di Indonesia, yang salah satunya di UPNVY. Selain menghadirkan program volunteer ke luar negeri, kamu juga bisa mencoba program Global Talent/Entrepreneur yaitu magang baik di perusahaan start up maupun perusahaan besar, lho. Dan tentunya digaji!

15 Mahasiswa UPN Volunteer AIESEC ke Luar Negeri 2

Nah, di liburan semester ini, sekitar 15 mahasiswa Kampus Bela Negara dari beragam disiplin ilmu berkesempatan mengikuti program Global Volunteer di luar negeri. Program ini juga diikuti oleh mahasiswa dari Universitas Sanata Dharma, UMY, UNY, dan lain-lain. Dalam Winter Session ini, total ada 42 mahasiswa yang berangkat. Para mahasiswa, atau biasa disebut EP (Exchange Participant), melakukan kegiatan sosial di beberapa project yang diurus AIESEC di negara tujuan.

15 Mahasiswa UPN Volunteer AIESEC ke Luar Negeri 3

Ada berbagai project yang bisa dipilih sesuai minat kita. Project yang diambil EP UPNVY rata-rata berupa project education atau mengajar bahasa inggris bagi anak TK hingga SMA. Negara favorit bagi EP UPNVY seperti Thailand, Vietnam, Turki, dan beberapa negara di Eropa. Sebagai catatan, project AIESEC hanya terdapat di negara berkembang, sesuai tujuan volunteer yaitu memberi dampak bagi lingkungan sekitar.

 

15 Mahasiswa UPN Volunteer AIESEC ke Luar Negeri 4

15 Mahasiswa UPN Volunteer AIESEC ke Luar Negeri 5

“Anak muda harus mencoba volunteer agar membuka wawasan tentang budaya di luar Indonesia. Setiap negara punya keunikannya sendiri. Dengan datang langsung ke negara tersebut, membuat kita tahu tidak hanya sebatas teori. Selain itu aktivitas volunteering tentu berdampak besar bagi orang-orang di sekitar kita,” ujar Annisa Rhamadani, manager Outgoing Global Volunteer AIESEC in UPNVY yang juga pernah mengikuti Global Volunteer di China.

“Dengan ikut volunteer di luar negeri, kita juga mempromosikan Indonesia atau secara tidak langsung menjadi duta wisata. Dampak yang aku rasakan yaitu melatih kepercayaan diri, beradaptasi, dan survive di lingkungan yang asing. Tentunya ditambah mendapat pengalaman dan teman baru,” ujar Tita Adelia, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2016 yang sedang menjalankan project di Katowice, Polandia.

Nah apakah kamu tertarik berlibur sambil memberi dampak positif? Selain itu, ikut program ini tentu dapat menambah nilai plus bagi CV kamu. Tunggu apa lagi?


comments
no comment

LAINNYA