SHARE :
6 Kampus Paling Angker di Yogyakarta: Cerita Seram Mahasiswa

Redaksi

06 March 2017


6 KAMPUS PALING ANGKER DI YOGYAKARTA: CERITA SERAM MAHASISWA


Selain terkenal dengan gudegnya, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pelajar. Para mahasiswa datang dari berbagai penjuru Indonesia untuk kuliah di Jogja. Jadi nggak heran kalau di kota ini memang terdapat berbagai universitas dan perguruan tinggi yang unggul dalam prestasi. Namun demikian, ternyata banyak juga kampus-kampus di Jogja yang dikenal karena keangkerannya. Cerita-cerita horor selalu meliputi kampus-kampus tersebut. Percaya atau tidak, tetap saja penasaran kan?

1) Universitas Gadjah Mada (UGM)

Sebagai kampus paling favorit di Jogja, UGM banyak diburu oleh mahasiswa-mahasiswa dari seluruh Indonesia. Selain terkenal karena prestasi, UGM juga dikenal dengan kisah hantunya yang melegenda. Salah satunya adalah Hantu Mbak Yayuk sang “mahasiswi abadi” di Fakultas Ekonomi.

Menurut cerita mahasiswa di fakultas tersebut, hantu Mbak Yayuk ini sering terlihat di CCTV. Beberapa mahasiswa UGM mengaku pernah melihatnya berkeliaran di gedung kuliah sekitar sore atau malam. Sosoknya biasa saja, seperti mahasiswi pada umumnya, hanya gayanya kuno sekali. Menurut urban legend yang beredar, Mbak Yayuk dulunya mahasiswi yang depresi akibat skripsi, lalu bunuh diri.

Kisah lainnya adalah pantangan menyanyikan lagu Gugur Bunga di sekitar Bundaran Teknik UGM. Konon yang melanggar akan diikuti makhluk tak kasatmata, atau mengalami kejadian mengerikan. Masih banyak cerita seram di UGM, seperti hantu bapak tua tanpa kaki di Balairung UGM, dan hantu mayat yang memberi bocoran soal ujian kepada mahasiswa kedokteran di kampus tersebut.

2) UPN Veteran

Nama UPN Veteran makin terkenal karena makin banyak difavoritkan oleh para mahasiswa baru. Namun kampus ini juga punya cerita seramnya sendiri. Beberapa mahasiswa mengaku sering melihat hantu dalam berbagai wujud di lantai empat gedung kampus, juga di kelas dan laboratorium. Salah satu tempat paling angkernya yakni pohon beringin yang ada di dekat pertigaan belakang UPN. Konon banyak kecelakaan yang memakan korban jiwa di sana.

3) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Kampus yang sudah cukup lama berdiri ini juga menyimpan banyak cerita seram. Yang paling terkenal adalah Hantu Sisca yang bergentayangan di Student Center. Selepas acara kemahasiswaan di Student Center tersebut, beberapa mahasiswa berniat untuk mengembalikan peralatan ke dalam gedung. Di balik jendela gedung, muncul sosok wanita yang memanggil-manggil. Namun ketika pintu dibuka, wanita itu menghilang.

Kisah lainnya adalah Hantu Mbak Nur di sekitar ruang kuliah dan kamar mandi Fakultas Ekonomi. Selain itu, kadang Mbak Nur juga muncul di Student Center. Konon hantu ini suka mematikan kran air kamar mandi yang sedang digunakan.

4) Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Kalau main ke ISI saat malam hari, kamu masih bisa bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa seni yang masih asyik mengerjakan karyanya. Walau masih “ramai” di malam hari, tetap saja kampus ini terkenal angker. Salah satu urban legend di sini adalah Hantu Donna, yang konon merupakan mahasiswi ISI (saat masih bernama ASRI) yang bunuh diri. Donna digambarkan sebagai wanita yang mirip gadis Jepang, hanya saat tersenyum mulutnya sangat lebar dan giginya runcing-runcing.

Studio Grafis juga dikenal sebagai “sarang hantu” di ISI. Namun lucunya, hantu hanya mengganggu mahasiswa yang sedang bolos, tidur-tiduran, atau malas-malasan. Kalau mahasiswa yang sibuk mengerjakan karya akan luput dari gangguan hantu tersebut.

5) UIN Sunan Kalijaga

Walaupun berada di lokasi yang cukup ramai, kampus UIN Sunan Kalijaga cukup gelap di malam hari. Banyak cerita seram yang beredar di sana, salah satunya dari Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Menurut berbagai cerita di kalangan mahasiswa, di gedung fakultas tersebut ada hantu iseng yang suka mematikan dan menyalakan lampu.

6) Universitas Islam Indonesia (UII)

Perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia ini dibangun tahun 1945. UII juga dikenal sebagai kampus yang angker di Jogja. Salah satu lokasi paling menyeramkan di UII adalah di gedung Pusdiklat di bagian belakang Fakultas Hukum. Para mahasiswa mengaku pernah melihat ini penampakan sesosok perempuan cantik yang kakinya buntung, namanya Hantu Fitri. Menurut mereka, jika kamu masuk gedung ini selepas maghrib, kans untuk melihat hantu wanita ini tinggi.

SHARE : LINE

comments
no comment

LAINNYA