Lucia Yuriko

31 August 2017


UKM SENI, 7 SUB UNIT 1 SINERGI


Berekspresi merupakan sifat alami manusia. Walau caranya berbeda-beda, tapi secara nggak sadar kita suka mengekspresikan pikiran kita dalam bentuk keindahan. Contoh sederhananya, feeds instagram yang ditata rapi, outfit fashion yang matching, menggambar saat bosan, hingga spontan bergoyang saat ada musik yang asik. Kalau kamu sering melakukan hal-hal tadi, jangan-jangan kamu cocok masuk komunitas kesenian.

Salah satu komunitas yang bisa diikuti di kampus adalah UKM Seni. Berlokasi di Studio 23, lantai 2 auditorium UPN Veteran Yogyakarta, UKM ini memiliki sekitar 150 anggota aktif. Sesuai namanya, UKM ini mencakup seluruh bidang kesenian yang dibagi dalam 7 sub unit. Diantaranya tari (modern dan tradisional), band, vocal group, teater, fotografi, desain grafis, dan karawitan. Banyaknya sub unit tentu membuat kamu penasaran. Yuk kita bahas satu persatu.

Sub unit tari terdiri dari tari modern dan tradisional dengan jam latihan yang berbeda. Untuk tari tradisional berfokus pada tari Jawa dan Bali. Sub unit tari sendiri telah dikenal oleh universitas sehingga sering diminta tampil di acara kampus seperti wisuda, penyambutan tamu, seminar, dan lain lain.

Sub unit band tentu cocok buat kamu yang suka main musik. Kamu bisa belajar semua alat musik dari berbagai genre di sini. Selain belajar musik ada juga seni pertunjukan. Contohnya, acara VETERART FESTIVAL yang diadakan sub unit band nantinya. Acara musik ini rencananya akan mengundang beberapa band ternama, lomba mural serta fotografi.

Suka menyanyi tapi nggak tau latihan dimana? Sub vocal group jawabannya. Di sini kalian bisa belajar membagi dan memecah nada dalam kelompok kecil. Selain itu, sebentar lagi vocal group akan mengadakan konser tunggal. Jangan sampai ketinggalan!

 

Bermain peran, berlatih ekspresi dan tampil menghibur penonton merupakan fokus utama sub unit teater. Acara terakhir sub ini adalah pentas di Taman Budaya Yogyakarta yang bekerjasama dengan sub unit desain grafis. Nah, buat kalian yang juga suka desain, bisa gabung di kedua sub ini.

SENI_sub unit band 2

Di sub fotografi, kalian akan belajar teknik dasar menggunakan kamera, penggunaan lensa, dan tentunya hunting foto. Acara terakhir dari sub ini adalah pameran dan workshop fotografi di Jogja Gallery bulan April lalu, dan akan mengadakan workshop lagi di bulan September. Selain itu, ikut sub ini juga bisa menambah penghasilan lho. “Ikut sub fotografi seru dan dapat banyak ilmu. Fotografi juga bisa menghasilkan uang, apalagi kalau ada yang minta difotoin. Lumayan dapat penghasilan walau sedikit,” ujar Dwi Atikah dari Komunikasi 2016.

Terakhir, ada sub karawitan, tempat anak-anak muda yang peduli dengan musik tradisional. Prestasi terbesarnya adalah tampil di Indonesian Channel di Surabaya bekerjasama dengan jurusan Hubungan Internasional yang merupakan program dari Kementerian Luar Negri RI.

Wah menarik semua, ya? Ikut UKM Seni bisa jadi jawaban buat kamu yang suka dengan kesenian. Satu pesan dari Triangga Anovian ketua UKM Seni, “Seni itu bebas namun berseni jangan kelewat batas. Seni wujud ekspresi dan sarana berkreasi tapi jangan untuk memojokkan apalagi menyebar kebencian,” ujar mahasiswa jurusan Manajemen 2015 tersebut. Salam budaya! (Lucia Yuriko)


comments
no comment

LAINNYA